Menu Tulisan Kampung Fiksi 2015

Hai Fictionholics! Apa kabar? Semoga tetap semangat menulisnya, apalagi dengan adanya beberapa menu baru di KF yang dapat membantu kegiatan menulis kalian. Apa aja mereka? Yuk disimak.

MENU BARU:

Review Aplikasi Menulis 

Review Aplikasi Menulis, adalah artikel tentang aplikasi-aplikasi kekinian yang ada hubungannya dengan dunia menulis, seperti yang sudah diulas oleh Winda Krisnadefa di sini, dan akan ada lagi ulasan-ulasan berikutnya tentang aplikasi-aplikasi menarik dan tentunya yang mempermudah penulis di era internetan ini untuk berlatih menulis, memperoleh ide, memasarkan buku, dan sebagainya. 

UNIK

Kapling UNIK, singkatan dari Ulasan Novel Impor KampungFiksi.com, akan membawa kalian penggemar novel terjemahan atau novel karya penulis mancanegara ke dalam petualangan membaca novel-novel impor yang ringan seperti drama keluarga dengan bumbu percintaan, atau drama percintaan dengan bumbu misteri dan thriller. 

Melalui UNIK akan dibahas teknik penulisan yang dapat dipelajari dari novel yang diulas. Tentu saja tidak dibahas secara menyeluruh. Akan dipilih satu bagian saja. Misalnya, membahas cara penulis menyusun adegan, atau karakter tokoh cerita, settingnya, atau kutipan-kutipan menarik yang terdapat di dalam novel. Bisa juga, secara borongan membahas beberapa novel sekaligus.

Tujuan utama UNIK adalah untuk memetik pelajaran dari teknik-teknik yang dipergunakan penulis yang telah mendunia atau sudah berhasil (berkali-kali) menjual karyanya kepada penerbit bahkan menjadi bestseller atau sudah difilmkan.


JUMP!

JUMat Prompt! adalah prompt yang bisa kalian temukan pada setiap hari Jumat di blog KampungFiksi.com. Tujuannya untuk menantang siapa saja menulis sebuah cerita yang berasal dari nukilan ide yang telah tersedia.

MENU LAMA yang tetap eksis:

RABVIEW

Yang rutin, yang sudah ada, seperti Rabview novel-novel lokal, akan terus berlanjut. Bagi penulis yang ingin novelnya atau novel penulis kesayangannya direview oleh KF dalam rangka promosi novel, bisa mengirimkan novelnya kepada kami. Silakan kirim email ke kampungfiksi@gmail.com untuk mengetahui alamat pengiriman dan cara pemuatannya.


J50K

Setelah absen dilaksanakan pada Januari 2015 ini, J50K akan kembali hadir dua kali setahun, yaitu di bulan Juli dan Januari. Para peserta J50K bisa memakai bulan Juli khusus untuk menulis kumpulan cerita pendeknya, sedangkan J50K di Januari untuk menulis novel atau sebaliknya.

Bagi yang memerlukan tips menulis dan teknik-teknik menulis marathon selama J50K berlangsung (31 hari, 50.000 kata), dapat menyimaknya di sini atau membongkar arsip-arsip lama di blog KF.

Interview Penulis

Masih bisa dinikmati juga interview yang pernah dilakukan oleh KF dengan beberapa penulis Indonesia. Bila kalian ingin KF mewawancarai penulis kesayangan kalian, silakan informasikan kepada kami. Atau, bila kamu adalah seorang penulis dan ingin diinterview oleh KF, hubungi kami di kampungfiksi@gmail.com.

Demikian menu yang ada di KampungFiksi.com, selamat menikmati dan tetap menulis! (G)

0 Spots:

Post a Comment