Wednesday, November 20, 2013

Penulis Perempuan Pertama Peraih Nobel Sastra Adalah Penulis Cerita Anak!

Kalau hari ini (20/11) kita membuka Google, di halaman depannya akan terlihat sebuah doodle, seorang anak bertopi merah meruncing sedang menunggangi seekor angsa putih. Kalau kita klik gambar itu kita akan memperoleh informasi bahwa Google sedang memperingati hari kelahiran seorang penulis swedia bernama Selma Lagerlof.

Siapakan Selma Lagerlof? 

Selma Lagerlof adalah penulis perempuan pertama yang mendapat penganugerahan Nobel Sastra pada tahun 1909. Seperti yang kita ketahui, Nobel Sastra dianggap sebagai penghargaan tertinggi dalam dunia penulisan, dan hadiah uang yang diterima oleh mereka yang diberi penghargaan ini juga sangat besar jumlahnya.

Lalu, karya yang mana yang memenangkan nobel? Karya yang dapat kita lihat pada doodle Google itu. Anak kecil yang menunggangi angsa putih itu adalah Nils Holgersson, tokoh utama dalam buku pemenang nobel berjudul The Wonderful Advantures of Nils.

Nils ini pada awalnya sangat suka menyiksa binatang-binatang di peternakan keluarganya. Pada suatu hari Nils menjerat tomte, yaitu mahluk mistis dalam legenda Swedia, penjaga rumah dan peternakan. Awalnya tomte membujuk Nils untuk membebaskannya, dan memberikan koin emas yang besar sekali. Nils menolak tawaran tomte, dan tomte mengutuknya sehingga ukuran tubuhnya mengecil. Akibatnya, Nils sekarang menjadi bulan-bulanan binatang-binatang peternakan yang sebelumnya sering disiksanya.

Saat itulah, sekelompok angsa liar yang sedang berimigrasi terbang di atas peternakan, dan seekor angsa kecil peternakan terbang bergabung dengan mereka. Nils berhasil menaiki angsa itu dan ikut bertualang bersama kelompok tersebut. Para angsa liar tentu saja tidak menyukai kehadiran mereka, sehingga mereka harus membuktikan bahwa mereka pantas bergabung dengan kelompok. Angsa kecil harus membuktikan ia bisa terbang sesuai dengan kelompok. Sedangkan Nils, pada perjalanan ini mengetahui bahwa apabila ia bisa membuktikan dirinya sudah berubah maka tomte akan mengembalikannya ke bentuk semula. 

Cerita The Wonderful Adventure of Nils ini, ditulis oleh Selma Lagerlof karena ia diberikan tugas oleh asosiasi guru untuk anak-anak, untuk menyusun sebuah buku pelajaran dan sejarah berdasarkan cerita rakyat Swedia. Dan dari sana, terciptalah karya yang luar biasa tersebut. 

Keren yah!

Kapan guru-guru Indonesia juga digerakkan dan diberi kesempatan (dan pelatihan mengarang yang tepat) untuk menjadi penulis cerita sejarah dan dongeng rakyat sehingga bisa menghasilkan kisah-kisah menarik untuk anak-anak seperti yang dilakukan oleh Selma Lagerlof?

Ada yang mau memulai gerakan ini?