DIBUKA! KELAS MENULIS ONLINE & PERSIAPAN J50K-2014

Dibuka! Kelas Menulis Online Kampung Fiksi
&
Persiapan J50K-2014 



Ada kabar gembira buat teman-teman yang bertanya-tanya apakah Kampung Fiksi akan membuka kelas online menulis fiksi. Jawabannya, ya, kami akan membuka 2 kelas online khusus untuk mendampingi Nekaders yang ingin secara serius mengikuti dan memanfaatkan momentum marathon menulis #J50K-2014 nanti, silakan baca informasinya pada page Kelas Menulis Online.


Langkah-langkah Persiapan J50K-2014

Bagi yang bertekad untuk jadi Nekaders marathon menulis 50.000 kata pada bulan Januari nanti, ayo lakukan persiapannya sejak sekarang!

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Cukup banyak juga sih... 

Tapi PERLU! bila kita mau memudahkan proses menulisnya kelak. Karena itu nggak ada salahnya untuk melakukan langkah-langkah awal yang berguna bagi kelancaran langkah-langkah selanjutnya.

Tips #PersiapanJ50K di @J50K_KF

Nah, sudah merasa SIAP untuk memulai langkah-langkah awal yang mungkin saja terlihat remeh-temeh tetapi terbukti perlu untuk dilakukan itu? Kalau jawabanmu: YA! Ikuti tips #PersiapanJ50K sejak minggu-minggu awal November ini, melalui akun twitter @J50K_KF.

Apa-apa saja yang akan dibahas di sana?

  1. Diet membaca yang penting dilakukan untuk mempersiapkan tulisanmu.
  2. Cara membaca yang bermanfaat untuk mempersiapkan tulisanmu.
  3. Apa motivasimu dalam menulis fiksi? 
  4. Brainstorming ide-ide dan menghidupkan imajinasi.
  5. Plot, apa yang diamksud dengan plot?
  6. Bagaimana cara memilih dan menyusun plot?
  7. Karakter, bagaimana cara membuat karakter yang mengesankan?
  8. Point of view atau sudut pandang yang mana yang terbaik untuk tulisanmu?
  9. Setting cerita, penting atau tidak penting?
  10. Istilah-istilah yang mungkin belum kamu ketahui dalam dalam fiksi.
  11. Bagaimana melakukan riset.
  12. Menerapkan disiplin menulis bagi diri sendiri.  
Dan masih banyak lagi tips bermanfaat lainnya.

Tips #PersiapanJ50K ini bisa diakses, diintip dan dipetik manfaatnya oleh siapa saja. 

Tips dan trik di dalamnya tidak terbatas penggunaannya bagi kegiatan J50K, bisa digunakan untuk kegiatan menulis yang dilakukan kapan saja. Tetapi karena tips #PersiapanJ50K ini dirancang khusus untuk kegiatan marathon dengan tujuan menulis (minimal) 50.000 kata dalam batas waktu 31 hari saja, ada bagian-bagian yang spesifik untuk kegiatan tersebut.

Dengan mengikuti #PersiapanJ50K ini diharapkan dapat membantu peserta dan calon peserta dalam melaksanakan proses menulis J50K-nya nanti. Seperti sudah dialami pada tahun-tahun sebelumnya, J50K bukan merupakan sebuah proses yang ringan. Menulis 50.000 kata dalam 31 hari tidak bisa dianggap enteng, perlu strategi yang tepat agar dapat menyelesaikannya, atau paling tidak memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari kegiatan tersebut.

Langkah Pertama. Yuk, ikut meramaikan kegiatan ini untuk memberikan motivasi + komitmen kepada diri sendiri, gimana caranya?

Caranya, ikut LOMBA MENULIS MENJADI NEKADERS J50K.

Langkah Kedua: Kalau kamu punya twitter, follow @J50K_KF dan pergunakan hastag #J50K untuk segala kicauanmu tentang J50K.

Langkah Ketiga: Bergabung di grup Facebook Januari50K untuk berkumpul bersama para Nekaders lainnya.

Langkah Keempat: Sekarang juga, pilih beberapa novel yang bagus untuk kamu baca secara intensif dan pelajari dengan baik, sebagai bekal tabungan ide dan mengasah ketrampilan menulismu pada saat marathon menulis dimulai.

Langkah Kelima: Persiapkan bahan tulisanmu, tulis ide-ide yang ada di kepalamu dan lakukan brainstorming, pikirkan baik-baik cerita seperti apa yang ingin kamu ciptakan.

Langkah Keenam: Persiapkan waktu dan tempat untuk menulis. Mulailah memperhatikan dengan seksama kapan waktu terbaikmu untuk menulis dan di mana kamu bisa menulis tanpa gangguan. 

Langkah Ketujuh: Persiapkan mental untuk berkomitmen menulis selama 31 hari sepanjang Januari.

Langkah Kedelapan: Mempersiapkan outline draft tulisanmu.


Langkah kesembilan: Mengikuti J50K 2014 selama 31 hari penuh di bulan Januari 2014.

Langkah kesepuluh: Memulai proses editing draft tulisan hasil J50K. 


Mereka yang berhasil mengikuti dan memanfaatkan kesepuluh langkah marathon menulis J50K ini, berhak mendapatkan e-Sertifikat tanda keberhasilan mengikuti marathon J50K Kampung Fiksi.

4 comments:

  1. aku masih belum mengerti. nanti isi tulisannya apa ya? bebas kan? atau selalu ada tema?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi tulisannya bebas. Cuma saja, tentukan dulu mau menulis apa? Novel, Kumpulan Cerpen atau Antologi Puisi?

      Delete
  2. Dear admin, kalau mau nulis kumpulan cerpen, harus berapa judul cerpen? untuk puisi, berapa judul puisi? terima kasih infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk judul-judul cerpen dan puisi, semuanya terserah kepada penulisnya. Hitungannya, misalnya, satu cerpen diberi jatah 2000 s/d 2500 kata, maka akan ada 20 s/d 25 judul cerpen. Begitu juga kalau mau membuat antologi puisi, jumlah judul tergantung penulis masing-masing. Bisa juga lho kalau dikombinasikan Cerpen dan Puisi. Yang pasti, jumlah kata yang dihasilkan pada akhir Januari harus minimal 50.000 kata. :)

      Delete