Tuesday, March 5, 2013

[Yok! Tanya Mak Bunglon]: Sudah Selesai Menulis Novel, Terus Bagaimana?



Pertanyaan minggu ini datang dari Surya Dewandari.

Tanya:
Aku selesai menulis novel. Terus apa yang harus aku lakukan dengan novelku? Penginnya sih diterbitin. Tapi nggak tahu gimana caranya. Trims, ya...


Jawab:
Halo, Surya…
Pertanyaan ini sebenarnya skip beberapa langkah sebelum sampai ke tahap menerbitkan buku. Begitu naskah selesai, ada beberapa hal yang (sebaiknya) harus dilakukan sebelum akhirnya memutuskan untuk diterbitkan. Karena percayalah, jaman sekarang menerbitkan buku itu gampang sekali. Kamu bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa modal uang.

Begitu kamu selesai menulis novelmu, simpan dulu untuk beberapa saat. Katakanlah seminggu atau dua minggu. Lalu baca kembali dan perbaiki. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca posting kami tentang Mengedit Naskahmu Sendiri. 

Setelah itu, jangan terbutru-buru mengirim ke penerbit. Berikan beberapa copy ke orang-orang yang kamu percaya untuk membaca dan memberikan tanggapannya. Syukur-syukur mereka mau memberikan masukan yang akan membuat ceritamu lebih baik lagi atau malah menunjukkan beberapa kesalahan fatal yang tidak kamu sadari. 

Setelah tahap itu, barulah kamu bisa memikirkan bagaimana cara menerbitkan naskah novelmu. Mau terbit lewat penerbit besar? Silahkan. Selidiki penerbit yang sesuai dengan genre tulisanmu. Yang pasti, kalau memilih jalur ini kamu harus sabar menunggu respon dari penerbit apakah naskahmu diterima atau ditolak. Ini bisa memakan waktu sampai berbulan-bulan. Atau kamu ingin menerbitkan sendiri? Silahkan. Banyak jasa self publishing yang tersebar di internet sekarang ini. Untuk seluk-beluk menerbitkan buku ini juga sudah kami bagi di artikel Book Publishing oleh Windy Ariestanty. Silahkan dibaca. 

Demikian, Surya, semoga cukup membantu, ya. 

Salam dari Si Emak,

Winda Krisnadefa