Thursday, October 4, 2012

Social Media Festival 2012



Hai sahabat KF. Minggu ini kami menyapa kalian untuk berbagi cerita sedikit mengenai keikutsertaan kami di Social Media Festival yang akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 14 Oktober 2012 di Gelanggang Renang Senayan.

Gimana awalnya kok kami kepikiran untuk ikut acara ini? Sejak workshop menulis yang kami adakan tahun lalu, ingin sekali ketemu lagi secara offline dengan para sahabat KF. Dan sepertinya even ini  adalah tempat yang pas untuk mewujudkan hal tersebut.  Pas ketika salingsilang.com bersama Daily Social hadir kembali dengan Social Media Festival 2012. Dalam kesempatan kedua ini, hadir pula Kaskus Official Partner untuk berkolaborasi membuat event di Indonesia bagi para penggiat media sosial Indonesia. Acara ini didukung juga oleh ACER, US Embassy dan Smart Fren. 

Jadilah sejak beberapa bulan lalu; ketika masih kampanye pertama para calon gubernur Jakarta itu berlangsung kami sudah ikutan meeting dengan panitia. Perjuangannya euuuy, menerobos kampanye yang bikin macet area Kuningan itu. Tapi dibela-belain deh. Komunitas yang hadir macam-macam. Ada yang bergerak di bidang kesehatan, film, sepeda, fotografi, dan diminta untuk saling memperkenalkan diri. Di meeting pertama ini kami mendapat penjelasan mengenai tempat, jadwal meeting berikut serta kapan even berlangsung. Yaitu tanggal 12 – 14 Oktober 2012 di Gelanggang Renang Senayan. Dan even ini punya tema yaitu: Create and Collaborate. Jadi setidaknya ada dua komunitas yang berkolaborasi di panggung dan menceritakan kegiatan mereka dalam waktu 45 menit.  Dan untuk kolaborasi ini kami menggandeng komunitas filmmaker: Story Lab Bandung (akun twitter mereka: @storylabbdg ). Karya salah satu bungloners kami: Winda Krisnadefa yang berjudul Coklat dan Kotak Nasi menjadi proyek mereka untuk dijadikan short movie. Pas bener nih kolaborasi. Khan kita suka bertanya-tanya, bagaimana sih proses menulis cerita ? Dan gimana juga prosesnya certa yang diadaptasi jadi film? Akan kami obrolin dengan para peminat yang bakal hadir di acara nanti.

Acaranya khan 3 hari? Apa on stage-nya juga selama itu? Owh, tentu saja tidaaak… Setelah meeting yang ketiga dengan panitia Social Media Festival, kami mendapat jatah on stage bareng Story Lab di hari Sabtu tanggal 13 Oktober 2012. Legaa, karena kebanyakan dari kami menyerah deh kalau kebagian hari Jumat. Apa hanya on stage aja? Memang panitia menyediakan fasilitas booth bagi para peserta. Apalagi bagi yang datang di meeting pertama kali. Tapi, mengingat kami tidak sanggup untuk menjaga booth terus-terusan selama 3 hari maka acara on stage inilah yang dipilih.

Jadi, bagi yang berminat ingin belajar membuat cerpen dan mengolahnya menjadi film pendek maka jangan lewatkan acara ini. Kami dan Story Lab Bandung akan hadir disana tanggal 13 Oktober 2012 dengan moderator acara: Andi Gunawan. Jadi dijamin acaranya akan meriah, apalagi kita juga akan mengadakan kuis lho dan membagi hadiah.

Kami tunggu ya kehadirannya sahabat KF dan juga Story Lab! Tanggal 13 Oktober 2012 di Gelanggang Renang Senayan.