Naim dan Taman Mahanani


Sedari awal kami selalu menyebutkan bahwa hasil penjualan buku-buku dari event kerjasama dengan NULIS BUKU akan dibelikan lagi buku-buku bagi Taman Baca Mahanani. Mungkin kalian akan bertanya-tanya, dimanakah Taman Baca Mahanani itu? Siapa pengelolanya? Apa misinya?

Maka, kami hadirkan sedikit interview dengan Naim Ali sebagai pengurus utama Taman Baca Mahanani :


1. Boleh diceritakan sedikit mengenai profile diri Naim sendiri?

Saya tinggal di Kediri Jatim, suka ketawa tapi dalam hitungan detik bisa berubah jadi sok serius yang kelihatannya sangat nggak keren. Santai saja kenapa, sih? Haha! Kadang juga suka nulis puisi meski sering nggak ngerti sendiri apa maksud puisi yang baru saja ditulis, bahkan nggak jarang juga bertanya dengan diri sendiri, “Ini puisi, ya?!”.



2. Apa yang mendorong Naim mendirikan taman baca Mahanani?

Banyak faktor, sih. Malah klise semua. Seperti saya hanya ingin berguna semampu saya, atau dulu saya termasuk orang yang malas membaca, atau ingin orang-orang lain selain saya jangan sampai mengalami pengalaman tidak suka membaca seperti saya. Hihi, klise, kan? Dan perlu digaris bawahi, saya tidak mendirikan Taman Baca Mahanani sendirian. Bisa dibilang, yayasan yang dulu susah payah dibangun oleh orang tua saya adalah salah satu pencetus berdirinya Mahanani. Juga banyak kalangan masyarakat, kawan, saudara yang ikut mendukung berdirinya Mahanani. Lalu apa salahnya bila saya ikut-ikutan ‘nimbrung’ di situ, sebatas kemampuan saya, tentunya.

3. Apa arti dari Mahanani dan mengapa diberi nama itu?

Mahanani adalah nama yang diberikan oleh ibu saya, diambil dari bahasa jawa yang berarti migunani, suatu yang berguna. Bisa juga diartikan sebagai ‘wahana’, sebuah sarana. Sesuai namanya, semoga Taman Baca Mahanani selalu berguna, sanggup menjadi sarana belajar apa saja bagi masyarakat lebih luas tanpa mengenal batas, golongan, ras, siapa saja, diawali dari membaca apa saja. Yang dibaca nggak harus buku, kan? Tapi ini bukan maksud membuka praktek dukun atau telepati, lho. Haha!

4. Jadi bagaimana konsep kerja Taman Baca Mahanani? Apakah seperti perpustakaan? Bolehkah buku-bukunya dibawa pulang si peminjam?

Kurang lebih seperti itu. Buku-buku di Mahanani boleh dibaca di tempat atau dipinjam untuk dibaca di rumah, di luar Mahanani. Gratis! Tanpa bayar seperser pun. Peminjam bebas memilih berapa lama (hari) waktu pinjam asal tidak lebih dari 1 minggu, jumlah peminjaman maksimal 3 (judul) buku. Bila buku belum juga dikembalikan melebihi batas waktu pinjam, Mahanani akan menjemput bukunya langsung ke alamat peminjam.


5. Darimana buku-buku di taman baca Mahanani berasal?

Sangat sedikit dari koleksi pribadi dan amat sangat banyak dari sumbangsih para malaikat, termasuk para bunglon Kampung Fiksi, sampai Mahanani kebingungan cara untuk berterimakasih, membalas tiap kemuliaan mereka. Mereka keren, mereka selalu bikin kejutan-kejutan yang mengharukan. Semoga tiap tetes haru Mahanani ini bisa menjadi doa tulus untuk kebaikan maupun kesuksesan dunia akhirat mereka semua. Amin..

6. Koleksi buku terbanyak genre apa (fiksi, ilmu penget, politik, dll)?

Pengetahuan umum, berikutnya fiksi. Sedangkan koleksi buku untuk anak-anak masih bisa dibilang sedikit.


7. Koleksi di atas kira2 jumlah bukunya udh berapa?

Pada awal berdiri, tanggal 21 April 2010, ada 1000 eksemplar buku. Mayoritas buku pengetahuan umum. Sekarang kurang lebih hampir telah mencapai 2000an eks buku dalam koleksi Mahanani, termasuk yang belum sempat masuk dalam data kita.

8. Taman bacaan ini target pengunjungnya lebih ke arah mana? Anak2? Remaja? Dewasa? Umum?

Mahanani dibuka untuk umum, namun mayoritas program-program kita, entah yang sudah terealisasi atau pun yang masih dalam wacana dan rencana kita, segmentasinya lebih ke anak-anak dan remaja.

9. Sampai skrg yg rajin pinjam/baca anak2-remaja-pelajar atau dewasa/umum?

Peminjam terbanyak adalah anak-anak dan remaja. Ini mungkin karena segmen agenda kita yang berjalan masih untuk kalangan mereka. Ironinya sih, perbendaharaan buku untuk mereka juga minim. Keren, deh. Haha!

10. Pastinya pengelolaan perpust butuh dana, dari mana? Apa bayar kalo pinjam atau ada donatur? Atau Naim donaturnya?

Kita nggak ada dana pasti. Haha! Buku Mahanani, kan, dipinjamkan secara gratis. Sebenarnya peminjam yang telat mengembalikan buku kita kenakan denda sebesar Rp. 200,- tapi peraturan itu belum kita berlakukan. Jadi anggaran dana sebagian dari kocek pribadi. Beberapa waktu lalu ada donatur ikut bantu. Sebagian besar dananya langsung kita gunakan untuk pengadaan rak buku. Mereka mengatasnamakan diri mereka sebagai Rahasia. Kita, sih, tetap nyebut mereka sebagai MALAIKAT! Hahahaha…

11. Siapa saja yang mengelola Taman baca Mahanani?

Saya yang menanggung jawabi Mahanani. Baru-baru ini Mahanani dibantu oleh dua manusia keren. Bagaimana, tidak? Mereka tiba-tiba mau bantu Mahanani tanpa mau dibayar, sembari nyambi kuliah di Univ. Nusantara PGRI Kediri.

12. Ceritakan ttg kegiatan anak2 spt Kalis (karya-tulis) dan bgmn antusiasme anak2?

Untuk Kalis, sebenarnya kita masih baru mengawali kegiatan itu. Karena dulu kita memang kebingungan dengan bagaimana cara mengawali kegiatan tulis-menulis. Ceritanya lucu, sih, tapi panjang. Jadi mending nggak usah diceritakan saja ya. Haha! Jadi, hanya sebatas memprovokasi mereka untuk terus menulis apa saja yang mereka pingin tulis, tidak lupa untuk selalu rajin membaca, tentunya. Setiap tulisan yang dikumpulkan akan kita jadikan bahan obrolan kepada mereka, beberapa kita arahkan bakat tulisnya. Sesuai saran teman, tulisannya segera kita salin dan ditempelkan jadi mading.
Ada juga agenda dongeng –kita namai dengan “Do Seneng” untuk anak-anak TK/ Play Group setiap minggu atau sewaktu-waktu, bila ada pihak sekolah (TK/ Play Group) yang minat berkunjung.
Rencana besok ada Main-main Buku. Semacam hasta karya, praktik karya sesuai dari buku yang telah dibaca. Itu awalnya karena kemarin ada anak yang belum mau mengembalikan bukunya, sebab dia belum selesai mempraktikan membuat rumah semut berdasarkan buku yang dia pinjam. Sepertinya kalau dikerjakan bersama atau berkelompok akan lebih seru.

13. Apakah ada anak2 tsb yg berminat utk menulis dan mencoba karyanya utk dipubliskan/diterbitkan...jika ada bagaimana cara naim utk mendukung minat mereka itu...

Kalau minat untuk dipublikasikan, sih, belum ada. Ini menjadi PR kita untuk mengenalkannya, tak bosan juga selalu menyemangati mereka. Lawong tahu karya mereka mau dipajang di mading saja malu, kok. Hihi, lucu sekaligus seru. Mengamati mereka saling membanggakan tulisan, tak mau kalah dengan temannya itu sangat seru. Saya berani jamin, anda akan tertawa, minimal bakal senyum-senyum geli bila ikut mengamati polah mereka.

14. Apakah ada kegiatan rutin yang dilakukan secara berkala untuk menarik minat membaca?

Selain kegiatan-kegiatan sederhana tadi, ada Buku Keliling tiap minggu dengan becak bahenol kita itu. Buku Mampir, untuk wilayah yang jauh dari jangkauan Mahanani; dengan menitipkan beberapa buku di tempat-tempat yang bisa dipercaya dititipi buku agar dipinjam-pinjamkan kepada masyarakat sekitar. Setiap minggunya buku kita ambil dan diganti dengan buku-buku baru.

15. Apa harapan Naim dari taman baca Mahanani?



Semoga taman baca ini, khususnya saya, tak bosan belajar walaupun bila kelak virus minat belajar yang pelan-pelan kita sebar semakin meluas. Ternyata, usaha meningkatkan minat baca (apalagi buku) itu adalah usaha yang muluk-muluk. Pada dasarnya aktifitas sekecil apa pun sama halnya dengan membaca, proses belajar yang tidak kita duga. Tinggal bagaimana kreatifitas kita mengolahnya.

Terima kasih atas penjelasannya Naim :) Semoga para pembaca bisa terketuk hatinya setelah membaca hasil wawancara ini dan maju terus Taman Baca Mahanani.

Mereka juga bisa dihubungi di:
Taman Baca Mahanani
Up. Naim
Jl. Supiturang Utara 13 Kediri 64112

14 comments:

  1. Ria, asyik itu wawancaranya komplit banget :) cuma kurang dikit aja... Bang Naim ini jomblo apa duda wuahahahahahaaa...
    Sukses dengan perpustakaannya, ya, Naim. Moga2 suatu saat jadi besar.

    ReplyDelete
  2. Iih keren :D

    Semoga Mahanani semakin besar dan sukses yaaa..

    ReplyDelete
  3. bang naim jomblo deh "kayaknya"
    gak pernah liat jalan brg cewek shi....

    ReplyDelete
  4. baru tahu Taman Bacaan Mahanani, dan dalangnya mas Naim berikut kiprahnya setelah baca tweet nulisbuku. Sukses untuk mas Naim, sayangnya buku-buku saya sudah habis dikirim ke tiap tempat yang membutuhkan. Sekarang ngga pernah beli buku, mas.. Semoga para MALAIKAT akan terus datang ke TB Mahanani!

    ReplyDelete
  5. wuih....keren. Pengen bikin yang kayak gini, ah.. :D :)

    Btw, Naim itu cowok, ya? Aku kira cewek. Hehehe...salut & sukses deh buat Bung Naim :)

    ReplyDelete
  6. nah satu lagi, itu kenapa gambarnya bebek? :D

    ReplyDelete
  7. Sukses buat Mas Naim dan Mahananinya ya :)

    Wawancara yang kereeennn ^_^

    ReplyDelete
  8. sukses untuk perpustakaannya ya om naim...

    kereeeennn!

    ReplyDelete
  9. Salam kenal, mau tahu di manakah alamat taman bacaan Mahanani? Saya mau coba langsung mengirim beberapa koleksi cernak yang sepertinya sekarang dibutuhkan mereka.

    by Novi

    ReplyDelete
  10. Hai Novi, Taman Baca Mahanani profilenya bisa dilihat di https://www.facebook.com/pages/Taman-Baca-Mahanani/120885604684659 atau add YM mereka di tamanbaca.mahanani@yahoo.co.id :) semoga berguna informasinya ya

    ReplyDelete
  11. hebat... salut buat Naim dan malaikat misteriusnya...!!

    sy punya teman di Kompaisana namanya Naim juga. suka buat puisi dan cerpen.

    jd penasaran Naim Mahanani atau bukan ya...???

    ReplyDelete
  12. bolehkah saya menagadakan penelitian ilmiah disana??? saya sangat berharap juga bisa ikut andil di TBM Mahanani ,,, Saya asli orang kediri :)

    ReplyDelete